SIP Kembali – KALIBENING MEMANGGIL

Kilas Balik

18 April 2018, gempa berkekuatan 4,4 Skala Ritcher mengguncang di desa Kalibening, Kabupaten Banjarnegara. Meski hanya 4,4 berkekuatan sedang gempa tersebut menyebabkan kerusakan yang cukup parah dengan adanya korban jiwa. Guncangan sangat kuat adalah akibat dari struktur lapisan yang memang merupakan bekas danau purba di Kalibening.

Sekolah Mereka Hancur, Tetapi Semangat Mereka Tidak

            Kondisi sekolah yang rusak tidak menjadi kendala para siswa untuk tetap belajar. Aksi cepat pemerintah merespon kebencanaan memberikan bukti didirikannya tenda-tenda darurat untuk para siswa agar tetap bisa menuntut ilmu.

(Bangunan di SDN 02 Kertosari, Kalibening pasca gempa bumi)
(Siswa tetap sekolah di Tenda darurat)

Sekolah inspirasi pedalaman banjarnegara, akan terus bergerak

(Tim Sekolah Inspirasi Pedalaman Banjarnegara)

Sekolah Inspirasi Pedalaman Banjarnegara yang dahulu bernaung dibawah Muhammadiyah Disaster Management Centre (MDMC), melakukan aksi cepat dalam merespon bencana di Kalibening, fokus utama SIP sendiri adalah dalam bidang pendidikan. Maitsa Shafa Putri, atau yang biasa dikenal Kak Eta menjadi koordinator kegiatan SIP di Kalibening.

(Ice Breaking Sebelum Memasuki Kelas)

“Bermain adalah proses belajar terbaik” (Mayesty:1990). Begitulah kata yang tepat untuk menggambarkannya. Proses bermain menjadi cara tersendiri untuk meluapkan ekspresi anak serta membantu menghilangkan rasa-rasa takut, khawatir dan lainnya. Trauma Healing merupakan tujuan dari kegiatan Sekolah Inspirasi Pedalaman Banjarnegara terutama project Kalibening Memanggil.

Bermain sambil belajar

(Kelas Permaian Edukatif)

Tidak sekedar bermain tetapi bermain sambil belajar, model pembelajaran ini dipilih untuk menjadi solusi dalam penanganan trauma healing pada anak-anak pasca Gempa 4.3 di Kalibening, dengan diantaranya Permainan Edukatif, Kelas Minat Baca serta Kelas Kreatifitas yang disesuaikan dengan tiap-tiap kelas/usia perkembangan peserta didik.

(Kelas Minat Baca)

“Wah ini ufo kak?” tanya salah satu siswa di kelas minat baca. Sekolah Inspirasi Pedalaman Banjarnegara akan tetap terus berkomitmen tinggi pada peningkatan mutu pendidikan anak bangsa. Menggembirakan literasi, membaca membuat anak-anak mengerti bahwa dunia itu luas. Harapan-harapan bangsa ada di tangan mereka, para generasi muda bangsa.

Hari Inspirasi, Kolaborasi mendedikasikan diri untuk negeri

(Hari Inspirasi dihadiri oleh para relawan ahli)

Sekolah Inspirasi Pedalaman Banjarnegara sebagai tombol pengaktivasi seluruh elemen masyarakat. Hari inspirasi merupakan kegiatan penutup dari rangkaian penerjunan yang telah dilakukan selama kurang lebih 6 bulan. Kegiatan ini dihadiri oleh relawan ahli dari kurang lebihnya 5 institusi pemerintah seperti; Kepolisian Resor Banjarnegara (Profesi Polisi), Kodim Banjarnegara (Profesi TNI AD), RSUD Anna Lasmanah (Profesi Dokter, Apoteker, Perawat), BPBD Kabupaten Banjarnegara (Tim SAR), dan Satuan Polisi Pamong Praja (Pemadam Kebakaran).

(Simulasi pemadaman api oleh petugas damkar)

“Anda beraksi, jutaan orang terinspirasi” salah satu jargon Sekolah Inspirasi Pedalaman Banjarnegara. Siapa saja boleh berbagi, siapa saja boleh menginspirasi. “Kita tidak pernah tau kebaikan yang mana yang berpengaruh besar untuk hidup orang-orang disekitar kita, teruslah bergerak, karena sejatinya hidup bukan hanya tentang diri sendiri. Berbagi membuat hidup lebih berarti” pesan koordinator program Sekolah Inspirasi Pedalaman Banjarnegara, Maitsa Putri Shafa.

Leave a Comment