SIP Goes To Pesangkalan

Halo para pejuang!

Semangat kalian luar biasa, pantas saja dunia ini bangga. Kali ini cerita inspiratif kembali hadir. Tentang belajar bersama, berbagi kebahagiaan, dan keikhlasan kunci kita masih bertahan. Terima kasih.

Satu Asa Menginspirasi Banjarnegara! Kalimat yang menggetarkan semangat kita para relawan. Bersatu semangat untuk saling berbagi cerita inspirasi mengedepankan pendidikan untuk gapai cita. Menyiapkan dari awal hingga selesainya penerjunan merupakan sebuah suatu perjuangan dari usaha dan keikhlasan teman-teman semua. Merelakan segala tenaga dan pikiran yang menyatu pada pencapaian hasil untuk kembali tertawa bersama pada satu titik tujuan.

Melangkah pelan mendorong kemajuan. Menyusun konsep satu per satu hingga membulatkan tekad. Bergelut di dunia pendidikan. Hal penting yang patut kita prioritaskan. Tanpa pendidikan semua bubar.

Sekolah Inspirasi Pedalaman (SIP) Banjarnegara merupakan sebuah komunitasĀ  yang bergerak dan berkontribusi dalam bidang pendidikan, dengan sasaran daerah pedalaman di Kabupaten Banjarnegara. SIP mengajak putra putri daerah untuk terjun langsung menjadi relawan.

Nah, Sekolah Inspirasi Pedalaman (SIP) Banjarnegara pada kesempatan emas ini kembali mengemban tugas bersama para anak di daerah selatan Banjarnegara yaitu Desa Pesangkalan. Tempat yang jauh dari kota Banjarnegara memiliki banyak kisah inspirasi. Desa yang melimpah akan Sumber Daya Alam Lokal yang mengagumkan. Tanah yang subur, air yang jernih tergolong air dengan pH terbaik di Banjarnegara, dan potensi wisata membuat kita kembali melihat begitu besar nikmat dan syukur kepada Tuhan.

Target penejurnan kita ada di SD Negeri 1 Pesangkalan dan SD Negeri 2 Pesangkalan. Awal penerjunan dilakukan di SD Negeri 1 Pesangkalan dan seterusnya kita adakan di SD Negeri 2 Pesangkalan.

Sapa anak-anak membuat kami cepat-cepat bergegas menghampirinya. Dari segala upaya persiapan bersama kita bisa. Berbagi tugas sesuai bagian masing-masing relawan. Berdoa bersama, meneriakkan jargon, dan mulai lah perjalanan dan petualangan kita.

Sampai pada tempat tujuan kita. Sambutan hangat dari pihak sekolah dan ceria anak-anak. Genggaman semangat dengan saling bersalaman hangat membangkitkan semangat lebih diri kita. Berbagai sambutan tersampaikan dari maksud dan tujuan kita ada di sana sampai respond dari pihak sekolah.

Pada penerjunan kita membagi dengan berbagai kelas, yang tujuannya untuk membedakan kelas atas dan kelas bawah mengingat pada kemampuan masing-masing siswa. Kelas atas di sini adalah mereka yang menduduki kelas 4,5,6 sedangkan kelasĀ  bawah adalah mereka yang menduduki kelas 1,2,3. Pembagian kelas tersebut memudahkan kita untuk belajar dan berbagi cerita. Terdapat pos-pos/kelas yang harus mereka kunjungi. Ada kelas kreativitas (kelas di mana anak-anak meningkatkan daya asah kemampuan berkreasi) , kelas edukasi (kelas yang berperan dalam memberi pelajaran pentingnya sebuah pendidikan), kelas film (penayangan film edukasi), dan kelas cita-cita (menuliskan harapan dan cita-cita kelak). Jadi rangkaian kegiatannya yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok besar (kelas 4,5, dan 6) dan kelompok kecil (kelas 3,2, dan 1). Perbedaan kelompok tersebut berkaitan dengan kegiatan yang berlangsung. Kelompok kecil belajar terkait kreativitas, permainan edukatif dan menonton film edukatif bersama.

Tertawa lepas kalian membuat kami bangga. Pendidikan memang sangat lah penting untuk memajukan sumber daya manusia mereka masing-masing. Kita berjuang bersama dengan antusias kalian yang luar biasa.

Semoga dengan adanya penerjunan Sekolah Inpirasi Pedalama (SIP) Banjarnegara ini mereka termotivasi dan saling menginspirasi belajar bersama untuk terus melanjutkan sekolah setinggi mungkin hingga kesuksesan melekat.

Semangat!

Sheva Ristamara Putri

Leave a Comment