Program Segera Dilaksanakan, SIP Laksanakan Pembekalan Relawan

 

Detik demi detik waktu berjalan terasa begitu cepat. Tak lama lagi Sekolah Inspirasi Pedalaman Banjarnegara segera dilaksanakan. Sebagai bekal penerjunan relawan ke TKP yang bertempat di desa Kalitengah, Kecamatan Purwanegara, Banjarnegara, tim SIP Banjarnegara melaksanakan pembekalan relawan pada hari Ahad, 23 Agustus 2015, bertempat di gedung IKAI Kauman, Banjarnegara.

Pembekalan ini dihadiri oleh enam orang relawan dari delapan orang yang dinyatakan lolos menjadi relawan SIP Banjarnegara periode pertama ini. Pembekalan relawan di awali dengan diskusi Visi-Misi SIP Banjarnegara yang dipandu oleh Riza Azzyumaridha Azra, Ketua SIP Banjarnegara. Diskusi ini bertujuan untuk menyatukan persepsi dan visi agar para relawan yang akan diterjunkan nanti dapat melangkah berjuang dengan tujuan yang sama.

Pada sesi kedua disampaikan materi berkenaan dengan kerelawanan yang dipandu oleh Zaenal Abidin, salah satu anggota MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center) Banjarnegara yang telah malang melintang menjadi seorang relawan. Salah satunya menjadi ketua pos komando siaga bencana alam tanah longsor Dusun Sijemblung Banjarnegara beberapa waktu lalu. Berbekal pengalamannya itu beliau banyak memberikan bekal kepada calon inspirator yang akan diterjunkan menjadi pendidik Sekolah Inspirasi.

Sesi ketiga menjadi sesi yang paling menarik. Dipandu oleh Fadhila Wulandari, pemilik yayasan pendidikan Adzkia, para relawan belajar teknik mengajar untuk anak-anak khususnya. Satu persatu dari relawan belajar bagaimana memberikan pendidikan kepada anak-anak dengan kemasan yang menarik, agar pembelajaran tidak menjadi membosankan. Mereka juga dituntut untuk bisa memberikan motivasi dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.

Pada tahap akhir pembekalan ini, seluruh pengurus SIP beserta relawan mulai berdiskusi mengenai teknis penempatan. Pemberangkatan relawan yang pertama rencana dilaksanakan pada hari Sabtu, 29 Agustus 2015. Dari ke delapan relawan yang ada akan dibagi menjadi dua tim yang masing-masing tim akan terjun ke lapangan secara bergantian setiap akhir pekan, yaitu setiap hari Sabtu dan Ahad. Dan project SIP ini diagendakan berlangsung selama enam bulan dan akan di evaluasi di akhir masa penerjunan. Jika dirasa sudah berhasil, maka tim SIP akan melanjutkan misi ke daerah yang lain, namun jika dirasa kurang memenuhi indikator keberhasilan yang direncanakan, akan di evaluasi untuk penambahan waktu.

Salah satu relawan yang kami wawancarai, Miskam, mengungkapkan bahwa ia termotivasi menjadi relawan SIP Banjarnegara karena ia ingin menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain dan ingin mengukur sejauh mana kemampuanku dalam menginspirasi orang lain. Diapun berharap semoga Sekolah Inspirasi Pedalaman Banjarnegara dapat berkembang lebih baik dari waktu kewaktu sehingga bisa menjadi pelopor untuk kemajuan pendidikan di Banjarnegara khususnya di daerah pedalaman yang selama ini kurang mendapat perhatian dari pihak-pihak yang berkewajiban maupun dari masyarakat pemerhati pendidikan lainnya. Semoga sukses untuk pelaksanaan program SIP Banjarnegara, Satu Asa Mengispirasi Banjarnegara! (fit)

Leave a Comment