Pertemuan Pertama Membawa Asa

 

Setelah melalui berbagai tahap seleksi dan pembekalan relawan, akhirnya tiba saatnya kami bekerja, melaksanakan tugas mulia menjadi inspirator bagi anak-anak di Desa Kalitengah. Pada hari Sabtu, 29 Agustus 2015 dilaksanakan pembukaan Sekolah inspirasi Pedalaman Banjarnegara. Kegiatan pembukaan dilaksanakan bersamaan dengan pengajian umum bersama warga dan tokoh masyarakat di Dusun Sirente, Desa Kalitengah Banjarnegara.

Hadirnya tim relawan SIP disambut baik oleh masyarakat setempat. Kepala dusun Sirante, Saikun, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap kedatangan relawan SIP Banjarnegara. Dia berharap dengan berjalannya program Sekolah Inspirasi Pedalaman ini anak-anak di Desa Kalitengah khususnya dapat memiliki semangat untuk menempuh pendidikan setinggi-tingginya agar memiliki masa depan yang lebih baik. Ia juga berharap bagi anak-anak yang putus sekolah dapat terlecut semangatnya untuk kembali bersekolah seperti teman-teman yang lain. Kemudian ia juga berpesan kepada relawan yang akan tinggal di Desa Kalitengah untuk dapat beradaptasi karena akses jalan masuk ke Desa tergolong sulit dan juga sarana air bersih yang langka ketika musim kemarau tiba.

Program SIP ini rencananya akan dilaksanakan selama enam bulan. Relawan diterjunkan setiap akhir pekan pada hari Sabtu dan Minggu. Program ini berbentuk pendidikan non-formal dengan membangun rumah belajar di titik-titik daerah pedalaman di Banjarnegara, melakukan pendampingan belajar kepada anak –anak usia SD baik yang masih aktif maupun yang telah putus sekolah, melakukan inspirasi kepada anak-anak agar mereka memiliki cita-cita dan semangat yang tinggi untuk meriahnya. Di akhir program ini, di harapkan berdiri taman baca sebagai media anak-anak untuk belajar.

SEMANGAT MEMBAWA ASA

Acara dilanjutkan pada hari Ahad pagi. Kali ini dilaksanakan outbond bersama dengan anak-anak Desa Kalitengah dengan mengangkat tema “belajar bersama alam”. Kurang lebih 100 orang anak-anak berkumpul di lapangan Dusun Sirente untuk mengikuti kegiatan ini. Acara berlangsung meriah dan terlihat wajah-wajah ceria penuh semangat dari anak-anak calon generasi penerus bangsa asal Desa Kalitengah ini. “acara awal memang sengaja kami carikan acara yang santai dan menyenangkan untuk anak-anak. Target kami pada pertemuan pertama dengan mereka adalah munculnya keakraban antara relawan dan anak-anak sehingga ke depan kami akan lebih mudah untuk membimbing mereka” demikian diungkapkan ketua SIP Banjarnegara, Riza Azyumaridha Azra. Semoga keceriaan dan semangat mereka dapat berlanjut selama program ini berlangsung dan tertanam kuat ketika program ini telah selesai nanti, sehingga mereka dapat menjadi generasi terdidik yang peduli akan pendidikan diri mereka sendiri dan peduli terhadap pendidikan masyarakat di sekitarnya. Dengan pendidikan yang baik akan menciptakan tatanan masyarakat yang lebih baik pula. Satu Asa Menginspirasi Banjarnegara. (fit)

Leave a Comment