Menginspirasi di Minggu Ketiga

Selamat pagi, siang, sore, malam sahabat SIP! Lama tidak berjumpa karena kita lagi sibuk dengan acara masing-masing sehingga gak pernah update berita di laman ini. (padahal males aja, hehe).

Alhamdulillah, hari ini kami akan melaporkan kegiatan SIP yang pada hari Minggu ini (27 September) sudah memasuki pertemuan ketiga, diikuti oleh lebih kurang 50 anak usia SD yang ada di Desa Kalitengah, sebagian juga ada yang telah duduk di bangku SMP.

Hari ini, acara di mulai dengan perkenalan relawan SIP kepada anak-anak, dilanjutkan dengan bermain games sebagai kegiatan pembuka. Games yang dipilih adalah memindahkan sarung dari satu anak ke anak yang lain dengan bergandengan tangan. Anak-anak di bagi menjadi empat kelompok dan di adakan kompetisi. Siapa yang paling cepat, dialah pemenangnya. Games ini mengajarkan kepada anak-anak pentingnya kerjasama dan komunikasi satu sama lain.

Setelah selesai bermain games, peserta dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan kelas masing-masing dan di arahkan menuju pos-pos yang telah disediakan. Di pos pertama kegiatannya adalah nonoton bareng da’i cilik. Harapannya dengan menonton da’i cilik, anak-anak termotivasi dan tergugah semangatnya untuk menjadi anak yang hebat seperti para da’i cilik yang mereka tonton.

Pos kedua adalah belajar menulis diary. Kegiatan ini bertujuan untuk membiasakan anak-anak menulis sejak dini. Karena menanamkan budaya baca tulis adalah salah satu visi dari kita, SIP Banjarnegara.

Di pos ketiga anak-anak belajar bernyanyi dan bermain musik. Mereka diajarkan lagu-lagu nasional untuk menumbuhkan cinta tanah air. Beberapa anak di Desa Kalitengah ini ada yang belum hafal lagu indonesia raya. Memprihatinkan bukan? Anak-anak juga di ajari ketrampilan bermain gitar untuk mengasah jiwa seni mereka.

Di akhir kegiatan, anak-anak di pandu untuk membuat pohon cita-cita. Masing-masing anak diberi selembar kertas berbentuk daun kemudian mereka diminta menulis nama dan cita-citanya. Setelah itu, masing-masing daun yang sudah bertuliskan nama dan cita-cita tersebut ditempelkan ke papan bergambar pohon yang telah disediakan. Selanjutnya pohon cita-cita itu di tempel di depan kelas agar mereka dapat membacanya setiap hari dan menjadi sugesti kepada diri masing-masing untuk mencapai cita-cita tersebut.

Demikian laporan kegiatan hari ini yang bisa kami persembahkan untuk sahabat SIP. Salam semangat dan mari kita terus peduli dengan pendidikan anak-anak Indonesia! Mulailah dari lingkunganmu!

Salam SIP! Satu Asa Menginspirasi Banjarnegara!

(fit)

Leave a Comment