MENEBAR ASA DI BUMI BANJARNEGARA BAGIAN UTARA

5 Agustus 2017

Pagi itu kami bergegas untuk melakukan survey lokasi penerjunan Sekolah Inspirasi Pedalaman (SIP) Banjarnegara selanjutnya di MI Muhammadiyah Giritirta, Pejawaran, Banjarnegara. Kegiatan ini adalah program kolaborasi antara program SIP Banjarnegara dengan program Sekolah CERDAS. Tema kegiatan penerjunan “SIP Goes to Giritirta” yakni penguatan pendidikan karakter anak.

(Tim SIP Banjarnegara dan Kepala Sekolah MI Muhammadiyah Giritirta)

Mencerdaskan kehidupan bangsa adalah tugas setiap orang

(Perpustakaan bersama Desa Giritirta)

Takjub!!! Ketika melihat isi perpustakaan yang dimiliki oleh warga Desa Giritirta ini. “Biasanya anak-anak membaca disini sepulang sekolah atau ketika ada mata pelajaran yang berkaitan dengan membaca” kata salah satu warga disana. Bagiku, mencerdaskan kehidupan bangsa adalah tugas setiap orang. Semangat warga Desa Giritirta dalam membangun budaya literasi patut menjadi contoh bagi generasi muda saat ini.

Menebar asa ke seluruh penjuru dunia

14 Oktober 2017, “Selamat pagi, Teman-teman!!!” seru kak titin salah satu relawan SIP Banjarnegara. “Siap, Siap, Semangat!!!” pecah suara dan semangat anak-anak pagi itu. Ini adalah hari pertama penerjunan SIP Banjarnegara “SIP Goes to Giritirta”. Kegiatan kali ini menghabiskan waktu 3 hari 2 malam, kami membaur bersama dengan seluruh siswa juga masyarakat disana.

(Semangat anak-anak dalam pembukaan kegiatan SIP Goes to Giritirta)

Belajar melalui cara yang menyenangkan

Kak resti salah satu relawan SIP Banjarnegara sedang mengajak anak-anak untuk membaca buku tentang penemuan-penemuan ilmiah. Kami selalu mengajak anak-anak untuk belajar di ruangan terbuka, sesuka hati anak-anak ingin bergerak seperti apa, sesuka hati anak-anak ingin membaca buku penemuan ilmiah yang seperti apa, membebaskan anak-anak untuk mengeksplorasi diri mereka sendiri.

Tugas kami disini selain berbagi tentang pentingnya membaca juga mengamati gerak-gerik minat anak-anak disana, ada yang suka membaca buku pesawat, ada yang suka membaca buku hewan-hewan purba, pun ada yang suka membaca cerita-cerita rakyat. Setiap anak memiliki potensinya sendiri, tugas kami mengarahkannya.

Sayonara… Sayonara…

Hari terakhir kegiatan “SIP Goes to Giritirta” ditutup dengan kegiatan Outboud bersama anak-anak di MI Muhammadiyah Giritirta. Setelah mengikuti permainan disetiap pos, relawan SIP akan menjelaskan tentang nilai-nilai dari setiap pos permainan. Nilai-nilai yang terkandung dalam setiap permaian ini seperti melatih kekompakan tim, melatih tentang kesetia kawanan, melatih tentang kejujuran dan keberanian, dan masih banyak lagi.

(Setelah melakukan kegaitan pungut sampah bersama)

Masa depan bangsa ada ditangan mereka

“Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia” Ir.Soekarno. Pesan ini adalah salah satu hal yang mampu mendorongku bergerak sampai sejauh ini. Karena bagiku, ditangan pemudalah masa depan bangsa ini. Kami mencari ilmu untuk membagikannya seluruh penjuru dunia. Dari kegiatan sederhana yang penuh makna, akan tumbuh banyak harapan baru, akan tumbuh generasi-generasi bangsa yang cerdas dan baik budi pekertinya. Terima kasih Sekolah Inspirasi Pedalaman Banjarnegara, aku banyak belajar tentang berbagi membuat hidupku lebih berarti. (Maitsa Putri Shafa)

Leave a Comment