Relawan Hari Inspirasi SIP Goes To Pesangkalan

Berat memang saat hari begitu cepat memisahkan perjumpaan singkat kami dengan generasi emas calon penerus bangsa. Senyum mereka masih teringat. Tulus menyapa dalam awal perjumpaan. Kami pamit dengan besar harapan, mereka akan meneruskan sedikit perjuangan kami. Menginsiprasi generasi lain di kemudian hari, yang pada kenyatannya, kami akan menjadi orang dewasa yang terinspirasi.

Masih diberi kesempatan untuk belajar dari Desa Pesangkalan yang ternyata benar-benar menyimpan banyak hal yang sangat berharga. Sore hari, kami dipertemukan dengan para Sarjana Telo (Ketela). Mereka yang memberikan pelajaran bagi kami, titipan alam yang subur dengan tanah yang baik dan pH air Desa Pesangkalan yang paling netral di Kabupaten Banjarnegara, sebagai bukti bahwa alam benar-benar telah menyediakan apa yang kita butuhkan sebagai perantara dari Tuhan. Banyak cara yang dihadirkan Tuhan hingga kami tak berhenti untuk berucap syukur. Pun mereka yang dipertemukan dengan seseorang yang memiliki tekad untuk meningkatkan perekonomian umat. Dia adalah Riza Azyumarida Azra yang dengan sabar membimbing mereka dari nol. Hingga kini penghasilan mereka dari ketela pohon bisa diberdayakan dan memiliki nilai jual lebih. Namun, hal tersebut juga tak akan berjalan tanpa adanya kemauan dan usaha dari masyarakat Desa Pesangkalan. Gigih dalam berusaha dan sabar dalam setiap hal adalah rahasia sukses mereka.

Pagi hari tanggal 24 Januari 2020, Desa Pesangkalan menunjukkan pesonanya. Curug Pletuk memanjakan kami pagi itu. Air terjun asri dengan pH yang paling netral sehingga kami bisa meminum langsung air tersebut dan akses yang mudah untuk sampai kesana. Tak ada sampah membuat kami lebih bersyukur, bahwa ternyata masyarakat telah lebih sadar untuk merawat alam. Kembali kami ke kediaman Sarjana Telo setelah puas menikmati Curug Pletuk. Kembali, inspirasi membuat kami semakin bersyukur dipertemukan dengan meraka dan membuka pikiran bahwa belajar bisa dari siapapun dan dari manapun. Mereka hebat, menemukan formula baik untuk membuat pupuk yang digunakan untuk mempersubur ketela pohon. Dan mereka mengajarkannya pada kamu dengan sangat sabar dengan harapan, kami bisa mengaplikasikannya kembali.

Selepas semuanya usai, dengan berat hati kami harus meninggalkan orang-orang yang sangat menginspirasi. Mereka yang berusaha memunculkan kekayaan lokal menjadi berdaya jual bahkan internasional. Mereka yang dengan senang hati menyambut kedatangan kami. Hari itu, pukul 13.00 WIB kami undur diri bersama ucapan teimakasih yang mengiringi. Kami pulang dengan doa bisa dipertemuakan kembali.

Ida Cahyaningsih

Leave a Comment