Direct Assesment SIP Banjarnegara selesai dilaksanakan

Dalam rangka penjaringan inspirator Sekolah Inspirasi Pedalaman Banjarnegara, Tim SIP Banjarnegara melaksanakan Direct Assesment (seleksi inspirator secara langsung) pada hari Sabtu dan Ahad, 11 – 12 Juli 2015 yang bertempat di Gedung Dakwah Muhammadiyah Banjarnegara. Dari ke empat puluh delapan calon inspirator yang telah mendaftar secara online dibagi menjadi dua tahap, dua puluh empat orang pada hari Sabtu, dan dua puluh empat orang pada hari Ahad.

Dari ke-dua puluh empat calon inspirator yang di undang pada hari Sabtu ternyata yang bisa menghadiri acara tersebut hanya tujuh orang, dan yang lain tidak dapat menghadiri dengan berbagai macam alasan bahkan beberapa tanpa alasan. Sedangkan pada hari Ahad, calon inspirator yang hadir berjumlah dua belas orang. Walaupun tidak dapat dihadiri oleh seluruh calon inspirator, acara tetap berlangsung dengan penuh antusias.

Proses direct assesment berlangsung dalam beberapa tahap. Pertama dilaksanakan acara pembukaan yang berisi pemaparan kembali seluk-beluk SIP Banjarnegara oleh ketua SIP Banjarnegara, Riza Azzyumaridha Azra, dilanjutkan dengan pemberian motivasi. Acara kedua yakni presentasi diri, baik dari TIM SIP Banjarnegara maupun dari calon inspirator. Acara ini bertujuan agar seluruh tim dapat saling mengenal dan timbul keakraban satu sama lain.

Tahapan berikutnya telah masuk kepada prosesi inti direct assesment. Dimulai dengan Focus Group Discussion. Pada tahap ini, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok kemudian dari masing-masing kelompok diberikan sebuah masalah dimana masing-masing kelompok diberi tugas untuk mengkaji masalah tersebut dan kemudian di minta untuk memberikan solusi dari beberapa pilihan solusi yang disediakan. Masing-masing kelompok kemudian mempresentasikan hasil diskusi masing-masing.

Usai acara focus group discussion, dilanjutkan dengan interview. Pada tahapan ini masing-masing calon inspirator di wawancara oleh dua orang Tim SIP. Dari wawancara personal ini diharapkan Tim SIP Banjarnegara dapat mengetahui karakter, tujuan, dan integritas calon inspirator sebagai bahan pertimbangan untuk memilih inspirator yang nantinya akan di terjunkan di Sekolah Inspirasi Pedalaman.

Agenda selanjutnya pasca pelaksanaan direct assesment ini adalah pengumuman hasil seleksi. Dari ke-empat puluh pendaftar yang masuk secara online, dan juga ke-sembilan belas calon inspirator yang telah melaksanakan tahapan-tahapan sampai dengan direct assesment ini, rencana akan diseleksai menjadi dua belas orang inspirator tetap yang nantinya akan mendapatkan pembekalan sebelum ditugaskan menjadi inspirator di dusun Kalitengah, Kecamatan Purwanegara, Banjarnegara. “satu asa menginspirasi Banjarnegara!”

Pengumunan hasil direct assesment akan segera kami tampilkan di laman website ini. (fit)

Leave a Comment