Inspirator dari Serambi Mekah

“Kak, apa lagu daerah Aceh?” Tanya seorang anak di Kalitengah kepada seorang tamu spesial SIP kali ini. Lalu alunan  lagu Bungong Jeumpa pun terdengar syahdu di sekolah yg ada di puncak bukit ini.

Hari minggu ini (17/01/16) SIP kedatangan tamu istimewa dari Aceh, Kak Adli. Meski banyak anak yang bahkan belum tahu propinsi paling ujung barat Indonesia ini, namun anak-anak tetap antusias menyambut cerita Kak Adli mengenai Aceh dan segala kebudayaannya.

Lalu, anak pun membalas lagu daerah dari Kak Adli dengan lagu daerah Jawa berjudul Suwe Ora Jamu.

Kak Adli tidak sendirian sebagai tamu SIP, anak – anak MI Kalitengah juga kedatangan sekitar 60 pramuka dari MTs Negeri 1 Banjarnegara. Dengan menaiki dua buah truk yg meniti jalanan berhimpit jurang di kanan kirinya, anak – anak MTS ini terlihat sangat antusias saat berkenalan dengan anak – anak MI Kalitengah.

Anak – anak MTs ini juga membawa ribuan bibit pohon. Bekerjasama dengan SIP, mereka melakukan dua kegiatan di MI Kalitengah ini, yaitu outbond bersama siaga dari MI Kalitengah dan penanaman  seribu pohon di sekitar MI Kalitengah ini.

Kegiatan menarik terjadi tatkala masing-masing anak Kalitengah bersama dengan Pramuka MTs Negeri 1 Banjarnegara bersama sama membagikan bibit pohon ke penduduk untuk ditanam bersama.

SIP memang memasukkan unsur – unsur cinta lingkungan kepada anak-anak di Kalitengah. Bumi yg hijau dan lingkungan yang sehat akan dipercaya bisa melengkapi lingkungan pengajaran dan  transfer ilmu dari guru ke anak. Selain itu, mencintai lingkungan juga diajarkan  ke anak-anak sebagai cara untuk berterima kasih terhadap alam yang telah memberikan segala kelengkapannya kepada manusia.

Semua hal itu adalah salah satu kegiatan rutin dari Sekolah Inspirasi Pedalaman(SIP) Banjarnegara, sebuah gerakan mendekatkan akses pendidikan inspiratif ke daerah dengan akses sulit di Banjarnegara. Gerakan anak muda ini berangkat dari rendahnya IPM (Indeks Pembangunan Masyarakat) di Banjarnegara. SIP ini hanya langkah awal saja karena membangun sebuah pendidikan yg baik dari semua orang adalah sebuah pekerjaan bersama, tak hanya mereka yg duduk sebagai pemangku kebijakan. Untuk itu, SIP memiliki harapan bisa mengaktivasi gerakan – gerakan  serupa demi pendidikan Banjarnegara yg lebih baik dan merata. Karena SIP percaya bahwa kemajuan suatu daerah berbanding lurus dengan kemajuan pendidikannya.

(Riza Azyumarridha Azra)

Leave a Comment